Deposit Pulsagram, Prosedur Deposit Aktifasi layanan pulsa elektronik Pulsagram, Deposit Pulsa Elektronik.
Kemarin ada beberapa teman yang bertanya tentang prosedur deposit aktifasi Pulsagram. Misalnya ada yang bertanya tentang jumlah uang yang harus mereka transfer ke rekening bank atas nama pengelola layanan isi ulang pulsa elektronik dari Pulsagram ini. Sepertinya ada semacam salah pengertian disini. Saya tidak tahu, dimana letak kesalahannya. Mungkin karena mereka kurang memperhatikan pertunjuk-petunjuk yang dicantumkan pada website Pulsagram.
Sebenarnya website Pulsagram sudah mencantumkan semua petunjuk operasional untuk menggunakan layanan isi ulang pulsa elektronik. Semua penjelasannya sudah dipaparkan secara mendetail. Tapi mungkin karena masih baru mencoba layanan isi ulang pulsa elektronik, jadi agak sulit untuk memahaminya. Pada tulisan ini saya coba menjelaskan tentang seluk beluk deposit pada layanan isi ulang pulsa elektronik dari Pulsagram ini. Saya berusaha memaparkannya secara sederhana. Semoga bisa membantu.
Jika member ingin mendapatkan deposit sejumlah 100.000, maka sebaiknya jumlah tersebut ditambahkan dengan 3 (tiga) angka terkahir dari Kode Account ID atas namanya. Misalnya si member memiliki account ID: JT999, maka uang yang harus ditransfer adalah sebagai berikut : Rp.100.000,- + 999 = Rp.100.999,-. Ini untuk memudahkan pihak Pulsagram untuk mendandai transfer bank dari member yang bersangkutan. Sebab mereka banyak menangangi transfer permintaan deposit setiap harinya. Keseluruhan jumlah nominal tersebut akan dimasukan semuanya sebagai deposit dalam account ID yang bersangkutan dalam jumlah yang juga, yaitu 100.999.
Berikut ini nomor rekening bank atas nama pengelola Pulsagram yang menjadi rekening tujuan transfer bagi para member Pulsagram yang membutuhkan penambahan deposit dan deposit aktifasi :
Nama Bank : Mandiri
Nomor Rekening : 141-0005810-767 a/n. Rina Zulianti Dwi Hapsari
Atau
Bank : BCA
Nomor Rekening : 822-0410-219 a/n. Rina Zulianti Dwi Hapsari
Ada dua macam deposit pada layanan Pulsagram, yaitu deposit aktifasi dan deposit biasa. Deposit aktifasi dilakukan oleh member yang baru saja melakukan regristrasi keanggotaan layanan Pulsagram. Dan deposit biasa dilakukan jika deposit sebelum sudah hampir habis. Kedua macam deposit ini menggunakan metode sms sebagai konfirmasinya. Ada perbedaan format sms pada kedua macam deposit ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan penjelasan dibawah ini.
KONFIRMASI DEPOSIT AKTIFASI
Sebelum melakukan aktifasi, member yang baru saja melakukan registrasi belum bisa menggunakan web replikanya dan bisa menggunakan fasilitas apapun yang disediakan oleh layanan Pulsagram. Untuk melakukan deposit aktifasi ini, saya berikan ilustrasi sebagai berikut.
Format sms yang akan dikirimkan ke nomor sms center Pulsagram adalah seperti dibawah ini :
INFO.AKTIFASI*ID_Anda*Bank*JmlRupiah*TGL*Nama_Rek_Pengirim
Jika seandainya nama member : Puji Rahayu , dengan kode Account ID: JT999, telah melakukan transfer uang sejumlah Rp.100.999,- melalui Bank Mandiri pada tanggal 27 Juli 2009 dengan menggunakan rekening atas namanya juga, maka teks sms yang harus dikirimkan ke nomor sms center Pulsagram adalah sebagai berikut :
INFO.AKTIFASI*JT999*MANDIRI*100999*27-07-2009*Puji Rahayu
lalu kirim ke nomor sms center Pulsagram
PENAMBAHAN DEPOSIT (DEPOSIT BIASA)
Jika transfer tersebut bukan untuk mendapatkan deposit aktifasi lagi, tapi sudah merupakan penambahan deposit (deposit kedua, ketiga….dan seterusnya) maka format sms-nya adalah sebagai berikut :
INFO.DEP*ID_Anda*Bank*JmlRupiah*TGL*Nama_Rek_Pengirim
Contoh teks sms yang harus dikirm ke nomor sms center Pulsagram adalah sebagai-berikut :
INFO.DEP*JT999*MANDIRI*500327*23-11-2008*Puji Rahayu
lalu kirim ke nomor sms center Pulsagram
Adapun beberapa nomor sms center yang saat ini disediakan oleh Pulsagram adalah sebagai berikut :
0818-0403-8889 (XL)
0856-4324-5758 (Indosat)
0852-9282-6688 (Telkomsel)
0852-9280-5598 (Telkomsel)
0899-5197-787 (Three)
Nomor sms center adalah nomor tujuan pengiriman semua sms operasional transaksi. Cukup gunakan salah satu saja dari beberapa nomor sms center diatas. Sebaiknya disesuaikan dengan kartu ponsel (SIM) yang Anda daftarkan dalam layanan isi ulang Pulsa Elektronik dari Pulsagram ini.
Jika keanggotaan Anda dalam Pulsagram bertujuan hanya untuk memenuhi kebutuhan pulsa sendiri atau bersama keluarga, sebaiknya jumlah nominal transfer bank untuk permintaan deposit disesuaikan kebutuhan pulsa bulanan Anda juga. Misalnya dalam satu bulan Anda biasa menghabiskan pulsa elektronik dengan total nilai Rp.200.000,- maka lakukan nominal transfer sejumlah Rp.200.000,- juga, tentunya dengan ditambah 3 angka terakhir kode account ID Anda. Sebab saya menangkap anggapan dari rekan-rekan bahwa setiap akan melakukan isi ulang pulsa untuk ponselnya, baru mereka melakukan transfer sejumlah harga pulsa yang akan diisikannya itu. Ini jelas sangat merepotkan. Baik bagi Anda sendiri, juga bagi petugas deposit Pulsagram. Anda menjadi seringkali melakukan transfer untuk permintaan deposit karenanya. Lebih baik, satu kali transfer untuk kebutuhan selama satu bulan.
Jika Anda menggunakan layanan Pulsagram memang untuk berbisnis / berjualan pulsa elektrik, maka Anda harus melakukan transfer bank untuk permintaan deposit dalam jumlah besar, sesuai dengan jumlah modal yang Anda miliki. Karena Anda akan sangat sering melakukan transaksi isi ulang pulsa elektronik yang membuat persediaan deposit dalam account ID Anda menjadi cepat habis juga.
Bagi pembaca yang belum mengetahui tata cara atau prosedur registrasi menjadi member Pulsagram, silahkan untuk membaca petunjuknya disini.